Rencana Pembelajaran Algoritma dan Pemrograman


Mg Ke- Kemampuan Akhir

Sesuai tahapan belajar

(Sub-CP-MK, Lesson Learning Outcomes)

Materi Pembelajaran

[Pustaka]

Metode Pembelajaran

 [ Estimasi Waktu]

Asesmen
Metode Kriteria Waktu Pelaksanaan Baseline Target Pencapaian Bobot (%)
L01 Mampu menjelaskan  gambaran umum tentang perangkat keraslunak  dan bahasa pemrograman dalam teknologi komputer dan gambaran umum bahasa pemrograman Java.
1 1.       Mengerti konsep dasar Hardware, Software, memory, operating system,  program aplikasi dan bahasa pemrograman

2.       Mengenal bahasa Java, JavaByte Code, bisa menulis, mengcompile dan merun program Java pertama dengan menggunakan IDE

1.1 Dasar komputer

1.2 Pengenalan Java

1.3 Dasar Pemrograman

[1: Ch. 1 Intro to Comp. n Java]

 

Kuliah,Diskusi,hands on

 [TM PT, BM: 1x(3x50”)]

UTS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 2.5 %
L02 Mengerti dan mampu menggunakan konsep komputasi dasar: variable, assignment, IO via keyboard dan layar komputer, proses string sederhana, GUI sederhana memakai class JFrame dan  JOptionPane
2,3 1.    Mengerti dan bisa memakai variabel dan hubungannya dengan memori, assignment, operator aritmatika, operator – dan ++

2.    Mengerti IO sederhana via keyboard dan layar komputer

3.    Bisa menggunakan class String

4.    Bisa membuat aplikasi Java dengan GUI  JFrame Class dan JOptionPane

[1: Ch. 2 Basic Computation]

1.1   Variabel-expresi

1.2   String

1.3   IO layar dan keyboard

 

Kuliah,Diskusi,hands on exercises

 [TM PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from Ch2.

 

UTS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 5.0%
L03 Mampu menggunakan konstruksi percabangan (if else switch)
4  

1.    Mengerti konsep konstruksi algoritma if –else

2.    Mengerti dan mampu menggunakan konstruksi if-else untuk memecahkan masalah sederhana dengan memakai Java

[1: Ch. 3 Flow Control: Branching]

Berbagai contoh pemakain if-else

 

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch3.

Case: 1) Grade Nilai kuliah, 2) BMI Calculator

UTS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 5.0 %
L04 Mampu menggunakan konstruksi perulangan (loops)
5 1.    Mengerti konsep algoritma pemrograman memakai loop

2.    Mengerti dan mampu memakai berbagai konstruksi loop dalam Java

 [1: Ch. 4 Flow Control: Loops]

Berbagai konstruksi loop:for, while.

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch4.

UTS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 5.0 %
L05 Mengerti konsep paradigma Object Oriented vs Structured Design
6 1.    Mengerti konsep program = algorithm + struktur data

2.    Mengerti konsep program = sekelompok obyek yang berkolaborasi

3.    Mengenal UML Class Diagram utk merancang class

[2: Ch.2 A Trip to  Objectville]

[1: Ch. 5 Definisi Class dan Methods]

5.1 definisi class & methods

5.2 Enkapsulasi

5.3 Obyek dan reference

Case studies

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch5.

UTS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 5.0 %
7 4.    Mampu menggunakan Constructor secara efektif

5.    Mampu menggunakan variabel dan method static

6.    Mengerti manfaat dan menggunakan overloading

7.    Mengerti dan bisa menggunakan konsep packages dalam Java

[1: Ch. 6] 

6.1 constructor

6.2 static vars n methods

6.4 overloading

6.5 enumeration as a class

6.7 packages

 

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch6.

           
8 Evaluasi Tengah Semester  
LO 6 Mampu menggunakan Array
9  

Mengerti dan mampu menggunakan array sebagai sebuah struktur data

 [1: Ch. 7]

7.1   Dasar array

7.2   Array dalam class n methods]

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch7.

UAS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 6.0 %
LO 7 Mengerti dan mampu memakai konsep Inheritance, Polymorphism dan Interfaces
10  

1.    Mengerti konsep pewarisan dan mampu membuat program dengan pewarisan

2.    Mengerti n bisa memakai  konsep polymorfisme

3.    Mengerti konsep class interface dan abstract

 [1: Ch. 8]

8.1 Dasar Pewarisan

8.2 Pemrograman Pewarisan

8.3 Polimorfisme

8.4 Class Interface dan abstrak

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

Do and discuss Self test questions from 1:Ch8.

UAS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 6.0 %

 

LO 8 Mampu menggunakan penanganan Exception
11 Mengerti dan mampu menggunakan Exception Handling dengan efektif 1.   Dasar Exception Handling

2.   Membuat class Exception

3.   Throws & Catches

4.   Case:Calculator baris

[1: Ch. 9, 3:Exception]

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

Do and discuss Self test questions from 1:Ch10.

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

 

UAS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 6.0 %
L0 9  Mampu menggunakan Streams dan File IO
12 Mengerti dan mampu menggunakan instrumen streams dan  file IO untuk menyimpan data 1.    Overview Stream File IO

2.    Text file IO

3.    Class File, path names

4.    Case:proses file CSV

[1: Ch. 10, 3:File IO]

Kuliah, diskusi, hands on problem solving

Do and discuss Self test questions from 1:Ch10.

[TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

UAS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 6.0 %
L0 10 Mampu menggunakan Swing Window Interface
13 Mengerti dan mampu menggunakan Swing sebagai GUI 1.    Membuat aplikasi swing dasar

2.    Menambah komponen:layouts, buttons & text

3.    Case: konversi temperatur

[3: Mastering Java Swing]

Lihat video tutorial, hands on, diskusi kelompok

TM, PT, BM: 1x(3x50”)]

UAS Nilai > 50 Mgg ke-8 N.A Min 50% mhswa Nilai>50 6.0%
LO 11 Mampu membuat sebuah program Java lengkap dalam kelompok untuk sebuah solusi persoalan
14 Mampu membuat dan mempresentasikan sebuah solusi lengkap dalam kelompok dengan menggunakan Java Presentasi Presentasi

[TM: 1x(3x50”)]

Tugas Besar Nilai > 60 Mgg ke-13 N.A Min 50% mhswa NSM>50 30 %

Leave a Reply