Mg Ke- | Kemampuan Akhir
Sesuai tahapan belajar (Sub-CP-MK, Lesson Learning Outcomes) |
Materi Pembelajaran
[Pustaka] |
Metode Pembelajaran
[ Estimasi Waktu] |
Asesmen | ||||||||||
Metode | Kriteria | Waktu Pelaksanaan | Baseline | Target Pencapaian | Bobot (%) | |||||||||
L01 Mampu menjelaskan gambaran umum tentang perangkat keras–lunak dan bahasa pemrograman dalam teknologi komputer dan gambaran umum bahasa pemrograman Java. | ||||||||||||||
1 | 1. Mengerti konsep dasar Hardware, Software, memory, operating system, program aplikasi dan bahasa pemrograman
2. Mengenal bahasa Java, JavaByte Code, bisa menulis, mengcompile dan merun program Java pertama dengan menggunakan IDE |
1.1 Dasar komputer
1.2 Pengenalan Java 1.3 Dasar Pemrograman [1: Ch. 1 Intro to Comp. n Java]
|
Kuliah,Diskusi,hands on
[TM PT, BM: 1x(3x50”)] |
UTS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 2.5 % | |||||
L02 Mengerti dan mampu menggunakan konsep komputasi dasar: variable, assignment, IO via keyboard dan layar komputer, proses string sederhana, GUI sederhana memakai class JFrame dan JOptionPane | ||||||||||||||
2,3 | 1. Mengerti dan bisa memakai variabel dan hubungannya dengan memori, assignment, operator aritmatika, operator – dan ++
2. Mengerti IO sederhana via keyboard dan layar komputer 3. Bisa menggunakan class String 4. Bisa membuat aplikasi Java dengan GUI JFrame Class dan JOptionPane |
[1: Ch. 2 Basic Computation]
1.1 Variabel-expresi 1.2 String 1.3 IO layar dan keyboard
|
Kuliah,Diskusi,hands on exercises
[TM PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from Ch2.
|
UTS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 5.0% | |||||
L03 Mampu menggunakan konstruksi percabangan (if else switch) | ||||||||||||||
4 |
1. Mengerti konsep konstruksi algoritma if –else 2. Mengerti dan mampu menggunakan konstruksi if-else untuk memecahkan masalah sederhana dengan memakai Java |
[1: Ch. 3 Flow Control: Branching]
Berbagai contoh pemakain if-else
|
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch3. Case: 1) Grade Nilai kuliah, 2) BMI Calculator |
UTS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 5.0 % | |||||
L04 Mampu menggunakan konstruksi perulangan (loops) | ||||||||||||||
5 | 1. Mengerti konsep algoritma pemrograman memakai loop
2. Mengerti dan mampu memakai berbagai konstruksi loop dalam Java |
[1: Ch. 4 Flow Control: Loops]
Berbagai konstruksi loop:for, while. |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch4. |
UTS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 5.0 % | |||||
L05 Mengerti konsep paradigma Object Oriented vs Structured Design | ||||||||||||||
6 | 1. Mengerti konsep program = algorithm + struktur data
2. Mengerti konsep program = sekelompok obyek yang berkolaborasi 3. Mengenal UML Class Diagram utk merancang class |
[2: Ch.2 A Trip to Objectville]
[1: Ch. 5 Definisi Class dan Methods] 5.1 definisi class & methods 5.2 Enkapsulasi 5.3 Obyek dan reference Case studies |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch5. |
UTS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 5.0 % | |||||
7 | 4. Mampu menggunakan Constructor secara efektif
5. Mampu menggunakan variabel dan method static 6. Mengerti manfaat dan menggunakan overloading 7. Mengerti dan bisa menggunakan konsep packages dalam Java |
[1: Ch. 6]
6.1 constructor 6.2 static vars n methods 6.4 overloading 6.5 enumeration as a class 6.7 packages
|
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch6. |
|||||||||||
8 | Evaluasi Tengah Semester | |||||||||||||
LO 6 Mampu menggunakan Array | ||||||||||||||
9 |
Mengerti dan mampu menggunakan array sebagai sebuah struktur data |
[1: Ch. 7]
7.1 Dasar array 7.2 Array dalam class n methods] |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch7. |
UAS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 6.0 % | |||||
LO 7 Mengerti dan mampu memakai konsep Inheritance, Polymorphism dan Interfaces | ||||||||||||||
10 |
1. Mengerti konsep pewarisan dan mampu membuat program dengan pewarisan 2. Mengerti n bisa memakai konsep polymorfisme 3. Mengerti konsep class interface dan abstract |
[1: Ch. 8]
8.1 Dasar Pewarisan 8.2 Pemrograman Pewarisan 8.3 Polimorfisme 8.4 Class Interface dan abstrak |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
[TM, PT, BM: 1x(3x50”)] Do and discuss Self test questions from 1:Ch8. |
UAS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 6.0 %
|
|||||
LO 8 Mampu menggunakan penanganan Exception | ||||||||||||||
11 | Mengerti dan mampu menggunakan Exception Handling dengan efektif | 1. Dasar Exception Handling
2. Membuat class Exception 3. Throws & Catches 4. Case:Calculator baris [1: Ch. 9, 3:Exception] |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
Do and discuss Self test questions from 1:Ch10. [TM, PT, BM: 1x(3x50”)]
|
UAS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 6.0 % | |||||
L0 9 Mampu menggunakan Streams dan File IO | ||||||||||||||
12 | Mengerti dan mampu menggunakan instrumen streams dan file IO untuk menyimpan data | 1. Overview Stream File IO
2. Text file IO 3. Class File, path names 4. Case:proses file CSV [1: Ch. 10, 3:File IO] |
Kuliah, diskusi, hands on problem solving
Do and discuss Self test questions from 1:Ch10. [TM, PT, BM: 1x(3x50”)] |
UAS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 6.0 % | |||||
L0 10 Mampu menggunakan Swing Window Interface | ||||||||||||||
13 | Mengerti dan mampu menggunakan Swing sebagai GUI | 1. Membuat aplikasi swing dasar
2. Menambah komponen:layouts, buttons & text 3. Case: konversi temperatur [3: Mastering Java Swing] |
Lihat video tutorial, hands on, diskusi kelompok
TM, PT, BM: 1x(3x50”)] |
UAS | Nilai > 50 | Mgg ke-8 | N.A | Min 50% mhswa Nilai>50 | 6.0% | |||||
LO 11 Mampu membuat sebuah program Java lengkap dalam kelompok untuk sebuah solusi persoalan | ||||||||||||||
14 | Mampu membuat dan mempresentasikan sebuah solusi lengkap dalam kelompok dengan menggunakan Java | Presentasi | Presentasi
[TM: 1x(3x50”)] |
Tugas Besar | Nilai > 60 | Mgg ke-13 | N.A | Min 50% mhswa NSM>50 | 30 % |