Object Oriented vs Structure Design


Nama : Sylvia
NIM : 1202164390
Kelas : SI-40-02

  1. Definisi Konsep Pemrograman, OOP, dan Structure

a. Konsep pemrograman adalah rangkaian instruksi-instruksi dalam bahasa komputer yang disusun secara logika dan sistematis. Pemrogramanadalahsuatu kumpulan urutan perintah ke komputer untuk mengerjakan sesuatu, dimana instruksi tersebut menggunakan bahasa yang dimengerti oleh komputer atau dikenal dengan bahasa pemrograman.

b. OOP (Object Oriented Programming) merupakan teknik membuat suatu program berdasarkan objek dan apa yang bisa dilakukan objek tersebut. OOP terdiri dari objek-objek yang berinteraksi satu sama lain untuk menyelesaikan sebuah tugas. Kode-kode di-breakdown agar lebih mudah di-manage.

c. Structure merupakan sekumpulan variabel yang mungkin terdiri dari beberapa tipe data berbeda dan dikelompokkan dalam satu nama untuk kemudian diakses oleh program. Tipe data yang dimaksud di sini meliputi tipe data dasar dan tipe data bentukan seperti array, pointer dan juga struktur lain yang telah didefinisikan sebelumnya. Dalam beberapa bahasa pemrograman lain (misalnya Pascal), struktur sering disebut dengan istilah rekaman (record). Structure digunakan untuk mengelompokan sejumlah data yang mempunyai tipe data yang berbeda. Variabel-variabel yang membentuk sebuah struktur dinamakan elemen struktur. Struktur sama seperti Record di dalam Bahasa Pemrograman Pascal

  1. Kelebihan dan kekurangan

a. Object Oriented Progamming

OOP memiliki beberapa keuntungan dalam pemrograman, yaitu :

· OOP menyediakan struktur modular yang jelas untuk program sehingga OOP sangat bagus digunakan untuk mendefinisikan tipe data abstrak di mana detail implementasinya tersembunyi

· OOP akan mempermudah dalam me-maintain dan memodifikasi kode yang sudah ada. Objek yang baru dapat dibuat tanpa mengubah kode yang sudah ada.

· OOP menyediakan framework untuk library code dimana komponen software yang tersedia dapat dengan mudah diadaptasi dan dimodifikasi oleh programmer. Hal ini sangat berguna untuk mengembangkan GUI (Graphical User Interfaces).

OOP memiliki kekurangannya juga, yaitu :

· Tidak memperbolehkan implementasi kuat yang pada reuse

· Properti software tidak terikat dalam satu unit fungsional, sehingga harus cross cut diantara komponennya.

· Crosscut tersebut mengakibatkan sulitnya pengembangan dan pemeliharaan.

b. Kelebihan dari Stucrute adalah pemakaian struktur data yang tepat di dalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana.

  1. Buatlah sebuah Class Pelajar dengan ketentuan sebagai berikut :
  • Memiliki atribut : NIM, Nama, Nilai Ujian1, Nilai Ujian 2, dan Nilai Tugas
  • Memiliki method di Nilai Akhir dengan ketentuan :

Nilai Akhir = (Nilai Ujian 135%)+(Nilai Ujian 235%)+(Nilai Tugas*30%)

  • Ada status lulus yang mengecek apakah siswa tersebut lulus jika nilai akhirnya lebih dari sama dengan 60.
  1. Bagaimana cara mengambarkan diagram OOP

Diagram dalam OOP terdiri dari 3, yaitu :

a. Use Case Diagram

Mengambarkan fungsi dari suatu sistem, yang merepresentasikan hubungan antara actor dan sistemnya. Misalnya seperti menambah sebuah data/laporan

b. Class Diagram

Class diagram menggambarkan struktur dan deskripsi kelas, package dan objek beserta hubungan satu sama lain, seperti hal pokok: Nama (dan stereotype), Atribut, dan Metode.

c. Activity Diagram

Diagaram ini mengambarkan berbagai aktivitas dari awal melalui kondisi sampai pada akhir. Diagram ini mampu mengambarkan proses yang terjadi pada eksekusi.


Leave a Reply